UIN Ar-Raniry Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri

Sabtu, 11 Juli 2020 (4 minggu lalu)
Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Gunawan Adnan

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Warul Walidin didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Gunawan Adnan.

Banda Aceh — Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa tahun 2020 melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal jalur Mandiri.

Jalur tersebut merupakan tahap terakhir dari seluruh penerimaan yang dibuka UIN Ar-Raniry Banda Aceh dari 5 jalur masuk yang disediakan.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Ar-Raniry, Dr. Gunawan Adnan, MA, Ph.D, mengatakan, UIN Ar-Raniry telah membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tahun 2020, yakni melalui jalur PMB Lokal, yang merupakan jalur terakhir di UIN Ar-Raniry.

“Pendaftaran dilakukan secara online dimulai 1 Juli hingga 31 Agustus 2020 melalui link http://pendaftaran.ar-raniry.ac.id/, selanjutnya calon mahasiswa dapat membayar biaya pendaftaran melalui Bank Aceh Syariah atau BRI Syariah paling lambat 31 Agustus 2020,” ujarnya, Jum’at (10/7).

Gunawan menambahkan, pelaksanaan ujian jalur PMB lokal tersebut dilaksanakan secara daring (online) pada 5-9 September 2020 dan hasil akan diumumkan 14 September pukul 17.00 wib melalui link pendataran.

“Hal lain yang menjadi peluang besar bagi pendaftar pada jalur PMB Lokal adalah pada jalur ini dibuka seluruh program studi yang ada di UIN Ar-Raniry, yakni 42 prodi dari sembilan fakultas, berbeda dengan jalur nasional pada UM-PTKIN hanya dapat memilih prodi keagamaan saja, begitu juga dengan jalur SBM-PTN, peserta hanya dapat memilih prodi umum saja,” terangnya.

Lebih lanjut, Warek I mengungkapkan UIN Ar-Raniry menerima calon mahasiswa baru melalui lima jalur, antara lain, seleksi prestasi akademik secara nasional, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Saleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN), dan jalur tes atau ujian juga secara nasional, yakni Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Seleksi Bersama perguruan Tinggi Negeri (SBM-PTN), serta jalur terakhir PMB Lokal.

Pada 2020, UIN Ar-Raniry memiliki daya tampung sebanyak 4.035 mahasiswa baru, yang merupakan jumlah keseluruhan dari jalur yang dibuka, terdiri atas 30 persen dari jalur SPAN-PTKIN dan SNM-PTN, 40 persen dari SBM-PTN dan UM-PTKIN, serta 30 persen dari jalur PMB Lokal. (IA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Enable Notifications.    Ok No thanks